Mates

Tuesday, June 7, 2016

Aren't You Afraid?



Recently, I've been busy with lots of things, such as exams, tests, cram school classes, etcetc. Well, untuk sementara, semua hal-hal itu udahan, sih. Jadi, as you know, gue sekarang baru aja lulus. UN, US, SNM, SBM, semua tes-tes gila-gilaan dan belajar segudang yang kadang buat stress, udah selesai. Not fully selesai, sih. Belum ada pengumuman. Rasanya baru kemarin gue masuk SMA, stress akan pelajaran, temen, atau bahkan kayaknya baru kemarin gue galauin jurusan--- sok iye banget, belajar aja ga jelas. Sekarang udah vacuum of power aja.

Dan entah kenapa, sekarang justru rasanya lebih takut daripada pas sebelum SBM atau pas belajar buat SBM atau H-1 SBM. Well, I've given my best, I think. I pray, I study, I take tryouts, and I did the test just fine, probably. TO terakhir gue saat H-1 SBM aja udah ningkat banget dari sebelumnya (meski kayaknya kalo digabungin di tingkat nasional kagaada artinya deh) setelah sebelumnya gue desperate banget karena nilai yang terus nurun. Tapi sekarang, gue mikir. Gimana kalau orang lain nilainya lebih bagus? Bukan lebih bagus sih, pasti ada yang lebih bagus. Tapi gimana kalau gue kegeser? Gimana kalau gue bahkan gak dapet ke pilihan 3? Gimana, gimana, dan gimana? Rasanya pengen nangis, tapi kan seharusnya gue gak boleh takut.

Gue pengen banget masuk UI. Tapi anehnya, UI gue masukin ke pilihan 2. Pilihan 1 gue justru UGM. Tapi emang sih, gue ga masalah juga sama UGM, gue justru suka sama UGM, gue dari dulu pengen kuliah di luar kota---kayak jogja, bandung, solo, dsb. Tapi baru-baru ini gue malah jadi suka UI, pake banget. Masalahnya adalah, apakah gue mampu masuk UI? ngeliat quick count di beberapa website gue makin minder. Ditambah gue naruh pilihan 2. Dan pas simak kemarin gue bener-bener nol besar persiapannya, padahal gue liat yang lain kayaknya fine-fine aja. ditambah, gue punya kebiasaan untuk nembak, karena gue ya gamungkin kosongin. Kalau ada yang kira-kira, gue selalu nembak. Gimana kalau nanti nilai gue malah minus? Harusnya gue kosongin aja. Gimana kalau gue malah ga keterima sama sekali? Harusnya gue belajar lebih baik lagi sebelumnya. Harusnya, harusnya, dan harusnya.

To be honest I'm so afraid. Mungkin kalian bilang lebay, tapi semua akan berbeda kalau lu ngerasa betapa pengennya gue kuliah di UI, terutama jurusan Arsi nya. Gue menunggu saat-saat gue pulang ke tangerang naik kereta di stasiun tangerang tiap weekend, lalu minggu pagi/siangnya langsung caw lagi ke stasiun. Gue menunggu saat-saat gue pakek almamater warna kuning dengan makara biru di dada. Gue menunggu itu semua, beneran.

But, will my dreams come true?

Tapi, seharusnya gue emang gaboleh takut. I have my God by my side. banyak kasus dimana orang itu pesimis dapet atau ngisi dikit etc tapi bisa dapet SBM atau SIMAK. Semua bisa terjadi kalau Tuhan emang berkehendak. Cuma gue kadang mikir juga, kan harusnya ora et labora? Iya, gue rasa gue harus positif kalau apa yang gue lakukan ini, apa yang gue pelajari dan apa yang gue kerjakan pas hari-H tes semuanya udah maksimal, dan Tuhanlah yang menentukan. Kalaupun gue gak dapet, That's God's plan. And His plan is always the best. Tuhan selalu menyiapkan yang terbaik. Tapi tetep aja Tuhan, kalau Tuhan berkehendak aku mau masuk UI :')

Mungkin kadang banyak yang mikir juga, ya kalau gak dapet ambil aja swasta. banyak duit ini, they said. Kadang gue sebel. It's not about duit ato ngga, atau gengsi univ apa ngga, karena semua univ, baik swasta atau negeri, di ibukota atau nggak, akreditasi atau nggak, semuanya pasti bakal bagus kalau kita sendiri mau jadi bagus disitu. Ini masalah cita-cita gue mau lanjut di UI, huhu.

Cuma ya, akhirnya ini semua tergantung Tuhan. Kayaknya sih sekarang gue masih kurang siap, gue masih takut untuk ngadapin kenyataan (well, gue gak fix gak diterima juga, sih. kan belum pengumuman), tapi gue percaya, kalau di dalam Tuhan, semuanya bakal jadi yang terbaik. Baik di UI atau bukan, di PTN atau PTS, semuanya pasti udah Tuhan rancang, udah Tuhan rajut sedemikian rupa spesial buat gue, dan gue tinggal menjalaninya dan terus berdoa aja.

Eventho in my deepest heart, I still want my goal to study there become true.

well, that's all. Maaf ya jadi denger curhatan gue ini.


In the name of Lord Jesus,
All things are possible.


2 comments :

finally! someone open this, lol. waitwaitwait, dont close it! please comment nicely, dont say harsh words, dont spamming. thanks, youre awesome! XD