Mates

Friday, March 24, 2017

Ayo “Isi Bensin” Diri di Pagi Hari!

ini nih penampakan "bensin" kita!


[biarpun maba vibes udah mulai memudar, gaada salahnya kan gue ngepost ini hehehey. Ini artikel buat magang BSOP FIK UI.]

“Kampus baru, almet baru, kota baru, dan kehidupan baru!”

Kembali lagi dengan semester baru! Pastinya akan banyak hal-hal baru di semester ini, terutama bagi kamu para mahasiswa baru angkatan 2016 yang akan menghadapi banyak hal baru. Untuk menyambut hal-hal baru tersebut, tentunya tubuh kamu membutuhkan banyak energi. Taukah kamu? Energi bisa kita dapatkan lewat sarapan di pagi hari. Tapi kenyataannya, masih banyak loh orang yang dengan sengaja melewatkan sarapan karena sedang sibuk atau hal mendesak lainnya.

“Aku memang sudah ngerasa sakit, sih. Ditambah, saat sarapan aku hanya makan sedikit karena buru-buru dan saat di kampus aku cuma makan somay,” Ungkap L, salah satu mahasiswa baru di sebuah universitas mengenai pengalamannya melewatkan sarapan. Karena hal itu, setelah L melaksanakan aktivitas di hari itu, ia merasa tidak fit dan akhirnya malah ngedrop.

Situasi seperti L ini pasti banyak ditemukan juga di beberapa kampus. Padahal, sarapan berdampak baik bagi kesehatan, sepertimembuat kita lebih mudah berkonsentrasi, memperbaiki mood, dan menghindari kita dari beberapa penyakit tertentu, seperti diabetes. Bisa dibayangkan dong, melihat pengaruh sarapan di atas, masih mau melewatkan sarapan? Jika kita tetap tidak sarapan, mungkin bisa jadi seperti L, atau bahkan lebih parah.

Tapi dengan padatnya kegiatan, sempat nggak ya kita untuk sarapan pagi hari? Tentu harus sempat, dong! “Aku memang selalu sarapan pagi-pagi di warung makan dekat kostan, karena biarupun ngekost kesehatanku tetap harus terjaga.” Begitulah kata I, seorang mahasiswa baru disebuah universitas yang sama dengan L. Kalaupun tidak sempat sarapan, I engaku bahwa ia selalu menyempatkan diri untuk membeli makanan atau membuat bekal untuk dimakan di kampus, loh.

Ingin seperti I? Tapi takut gemuk? Tenang, sebenarnya sarapan tidak bikin gemuk kok, asal dengan porsi dan gizi yang pas. Berikut ini beberapa pilihan makanan untuk kalian agar dapat mengawali hari dengan praktis dan ideal, tetapi tetap baik dan sehat!

1. Buah pisang.

dikombinasikan dengan roti dan dipanggang, mantap juga kan?

Si kuning ini mengandung karbohidrat yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, loh. Selain itu, pisang juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, mengatasi anemia, dan menurunkan berat badan.


2. Kentang rebus. 
ihiyy! ditambah keju, makin lezat!

Kentang rebus rendah akan kalori tetapi tinggi akan protein dan serat. Dapat disajikan dengan keju, saus tomat, brokoli, atau apapun sesuai selera kita! Bisa juga loh, ditumbuk halus jadi mashed potato.

3. 
tambah buah makin sehat!

Oatmeal, sereal gandum, atau makanan sejenis lainnya. Sereal seperti ini selain praktis dan cocok bagi kita yang sibuk, juga tetap bergizi.

4. 
jangan tinggalin dia, dong!
Tentunya, susu untuk menyempurnakan sarapan pagi kita. Untuk kamu yang tidak begitu suka susu, dapat diganti degan teh manis hangat.


Tidak sulit kan, menyempatkan diri untuk sarapan? Selain penampilan yang tetap terjaga, tubuh yang sehat dan bugar juga dibutuhkan para mahasiswa, khususnya mahasiswa UI agar dapat terus belajar dan berkarya membangun bangsa. Untuk itu, ayo kita sarapan demi modal untuk mengawali hari dan menjalani kehidupan yang lebih baik!

pictures source: google.com, tumblr.com

Wednesday, December 28, 2016

Hal-hal Adiktif: Manga dan Drama



Jadi, ceritanya, gue punya suatu hal yang membuat gue ketagihan. Gak, kok. Ini tuh bukan karena dunia perkuliahan yang membuat diri merasa penat dan lelah lalu mencari pelarian. Gue emang dari dulu punya kesukaan (re: ketagihan) tersendiri terhadap hal-hal ini. Jadinya, daripada gue pendam sendiri, mending gue bagi bersama ke kalian semua, kan? Plus, ini lebih baik ketimbang ketagihan hal-hal yang buruk kayak narkoba atau nyemok, kan? he he he. ((padahal mah ini bahaya juga karena bikin males belajar dan terus kepikiran)).

Kalau kalian ngefollow tumblr gue, pasti kalian tau deh kegilaan gue terhadap hal-hal ini. Yup, I, Ameni Nazaretha, love to watch and read shoujo romance-related things. Kayak manga shoujo (manga cewek yang biasanya tentang romance anak SMA), drama korea, atau lain-lainnya. Dan, sebagai warga negara yang baik --- atau jahat ---, sudah sebagusnya gue merekomendasikan (atau bahasa kasarnya menyebarkan virus) manga-manga dan drama-drama yang gue suka belakangan ini, yang membuat gue setengah gak waras, senyum-senyum semaleman, ketawa sendiri, nangis baper, dan malas belajar serta gabisa ngerjain UTS. yuk, simak yuks!

#SHOUJO MANGA


apa sih tuh shoujo manga? kalau manga tau kan, komik jepang. Lah, shoujo? cewek? nah, kalau pengertiannya itu, shoujo adalah genre manga yang lebih menargetkan audience remaja cewek kayak anak sma gitu. Jadinya, biasanya ceritanya tentang kegalauan, cinta-cintaan, dan less action dibandingkan shounen manga. Intinya, jadi kayak drama korea versi komik deh.

kalau gue, sebenernya udah baca shoujo manga jauh sebelum gue suka nontonin drama korea. alhasil, lebih banyak manga yang gue baca daripada drama yang gue tonton. Tapi ga mungkin gue rekomendasiin semuanya, kan? Jadinya sekarang gue mau share shoujo manga yang paling gue suka aja nih! hehe.

Ao Haru Ride!
1. Ao Haru Ride - by Sakisaka Io.
aka Blue Spring Ride. 
Genre: romance, comedy, school, slice of life
Status: Completed, I Rate: 4/5

Ao Haru Ride ini manga pertama yang gue ikutin secara livetime (jadi gue baca ga nunggu complete, tapi gue kaya nunggu apdet gituu. sumpah kayak gitu asik dan bikin gue jadi ga terlalu bergantung(?)) Ceritanya tentang Futaba, cewek manis yang pengen punya temen, yang ketemu sama Kou, cowok temen SMAnya dulu-- yang dulu sempet dia sukain. Nah, keduanya jadi beda banget setelah lama gak ketemu, tapi... ya gitu deh!

Yang gue sukain dari manga ini adalah Kounya yang GANTENG BANGET ASTAGAH. parah. dan manis terus cool dan gokil banget. Kayaknya diatara semua hero di shoujo manga doi paling gue suka deh. Oh iya, Ao Haru Ride udah ada anime sama live actionnya, loh! Wajib banget nonton. Tapi habis itu, tetep harus namatin manganya, hehe.

hirunaka!

2. Hirunaka no Ryuusei - by Yamamori Mika
aka Daytime Shooting Star
Genre: romance, comedy, school, slice of life
Status: Completed, I Rate: 5/5

Manga ini ceritanya tentang gadis desa, Suzume, yang pindah ke kota. Di kota dia ketemu cowok random, yang ternyata adalah wali kelasnya, Shishio! Dan, dia juga punya temen baru (temen sebelahannya) yang anti banget sama cewek, namanya Mamura. nah, lama-lama mulai tumbuh deh cinta di antara mereka. Nah, kelanjutannya gimana tuh? Guru sama murid? Baca aja langsung yuk sis!

Yang gue suka disini, yaitu artworknya gila bagus banget. Selain itu, Yamamori-sensei juga bikin mereka jadi fashionable banget. Parah emang. Pokoknya baca manga ini tuh kayak lagi baca majalah fashion. Selain sensei sama mamura ganteng, Suzume sama temen-temen cewek yang lainnya juga cakep-cakep, apalagi bajunya! Gue suka sama rambutnya Suzume. Pokoknya wajib baca bagi kalian yang suka sama semacam reverse harem yang ga begitu gede (?), dan suka artwork elegan dan dewasa macam ni manga, yaampon heheh. MAMURA MANIS BANGET PARAH. Oh iya, live actionnya udh ada, loh!

horimiya!

3. Horimiya - by HERO & Hagiwara Daisuke
Genre: shounen, school life, romance, slice of life, comedy
Status: Ongoing, Rated: 4.5/5

Asik, ada manga SHOUNEN yang asli sumpah gokil banget dan romancenya dapet banget! Jadi ceritanya ada Hori Kyoko dan Miyamura. Mereka sama-sama punya rahasia atau sisi yang gak mereka tunjukin ke temen sekolahnya, dan somehow tiba-tiba mereka tau sisi itu satu sama lain. Yaudah, lama-lama mereka jadi sering hangout dan akhirnya tumbuhlah cinta, eyaaak. Dan yang gue suka, ceritanya gak melulu tentang mereka berdua. Tapi banyak banget, Ada tentang temennya (yang sumpah drama temennya lebih ribet lagi, gue lupa namanya siapa), ada tentang orangtuanya, dan tentang masa lalu si Miyamura.

Yang gue suka, manga ini gokil banget parah parah gila gak berhenti ketawa gue bacanya hahah. Tapi the problem is, tetep aja ini manga shounen, jadi kadang suka menjurus deh (meski sebenrnya banyak juga kok shoujo manga yang menjurus. kacau ya dunia). Oh iya. di awal cerita si Miyamura gondrong, dan gue sebel banget. Untung kemudian dia potong rambut, hahah. Wajib baca yang suka ketawa!


# KDRAMA

kalo ini mah pasti udah pada tau. Justru gue, baru ketagihan K-drama baru-baru ini. Bayangin aja, gue nonton BBF aja pas kelas 2 SMA. lol ga sih. Telat banget.

r1988

1. Reply: 1988 (tvN)
Genre: comedy, romance, family
Status: Completed, I Rate: 4.5/5

Takes place tahun 88, certianya ada gadis SMA namanya Sung Deok-sun dan beginilah kesehariannya di komplek rumahnya, Ssangmung-dong (cmmiw). Ada kakaknya Bo Ra yang resek, adeknya No-eul, papa mamanya yang berisik mulu, temennya Jung-pal yang suka nyebelin, Taek yang jenius tapi bloon, Sun-woo yang anak emas, dan Dong-ryong si anak orang kaya yang konyol tapi ternyata bijak.

Ceritanya bukan romance aja, tapi bikin mewek banget karena ya gitu! Episode satu aja gue udah nangis. Kalau menurut gue, ini lebih tentang family sih. Selain itu, drama ini bikin gue merasa kosong dan merasa tua, hahah. Selain itu, curhatan mama-mama dan bapak-bapaknya juga bikin baper. Tapi ya, tiap episode tuh beda dan jadi gaada jalan intinya. Rada ngebosenin sih pas di tengah-tengah karena feel nya rada ilang, tapi tonton nyampe tamat dijamin mewek lagi. Parah lah, gue berhari-hari merasa kekosongan di diri dan ngerasa rindu masa kecil banget gara-gara ini drama, padahal pas itu lagi UTS njiir.



2. You're all Surrounded (SBS)
Genre: action, comedy, romance
Status: Completed, I Rate: 4.8/5

Ceritanya tentang detektif nih, ditambah banyak misteri dan actionnya! Gue suka banget ini cerita, tapi masalahnya ceritanya aga kompleks jadi kalo dikasi takut spoiler. Kalau garis besarnya sih, ada empat orang maba (?) detektif yang bakal tugas di kantor polisi gangnam. nah disini ada cowok si lead rolenya, Eun Dae Gu (cmiiw). Doi punya masa lalu yang gitu deh, mamanya dibunuh right in front of his eyes, dan sepertinya dia join deektif biar tau si pembunuh ini siapa. PLUS, diantara keempat maba detektif (bukan literally maba ya cuma gue suka aja pake istilah ntu), ada temen SMPnya dulu! Si cewek, Uh-Soo-sun! HADUH. EEh sebenernya gue udah rada lupa cerita detailnya sih lol, soalnya nontonnya pas kelas 2 SMA. tapi intinya sih tau.

asiknya, selain action, ini juga gokil banget! persahabatan mereka kerasa, tapi romancenya juga kerasa. Tapi paling asik tetep aja misteri dan actionnya, sih. ps. GILA SUARA MURDERER NYA ITU LOH GILA SOMEHOW ENAK BANGET HAHAH.


3. Guardian: The Lonely and Great God (aka GOBLIN) (tvN)
Genre: fantasy, drama, romance, comedy
Status: Ongoing, Rated: baru mulai, tapi sementara ratenya 4/5 dulu deh

Jadi ceritanya, jaman dahulu kala... eya sebenernya gue aga ga ngeh sih pas bagian intronya hahah. Pokoknya yang gue tau intinya dia goblin, sekaligus guardian of the souls, dan dia gabisa mati dan bisa terus idup. Dia juga punya kekuatan gitu, dan dia cuma bisa mati kalau pedang yang nancep di tubuhnya (nanti lu ngerti kenapa bisa ada tuh pedang) ditarik sama pengantin goblin (sumpah abstrak banget kan), yang kebetulan adalah si Eun-tak, anak SMA kelas 3 yang hidup kayak cinderella, plus bisa ngeliat hantu. si Goblin ini juga tinggal sama grim reaper aka malaikat pencabut nyawa, dan mereka hobi banget berantem. Yaudah, intinya mungkin apakah si goblin bakal mati di tangan Eun-tak? Atu gimanagimanagimana?

Menurut gue, seru banget! Ditambah, si goblin abstrak kadang lucu kadang bae kadang nyebelin. Tapi gue rada gak suka sama sifatnya Eun-tak yang terlalu terus terang dan spontan tapi lama-lama gue udah terbiasa sih. Dan si Eun-tak ini lamalama jadi keliatan cantik banget. Oh iya, gue samaseklai gak ngerasa jijik loh, si ahjussi ini sama eun tak yang notabene anak SMA. malah lucu ngelihatnya, kenapa ya? mungkin karena si ahjussi ganteng dan mereka ngga related sama sekali, beda sama Shishio-sensei ama Suzume. ahahah. POKOKNYA HARUS NONTON!

My Life as a College Student

HELLOOOOOO BLOG!

Gilak. Udah lama ya kita gak berjumpa. hehehe. gak lama juga sih. Ini sih bisa dihitung cepat. Dibandingkan yang kemarin, ketika gue hiatus di dunia pemblog-an nyampe setahun, lol. Maafkan diriku ini yea. Akhirnya, sekarang gue datang lagi dan mau bilang

🎄Merry Christmas and Happy New Year, Peeps!🎄

ps. gue baru tau kalau ternyata sekarang di blogspot bisa nambahin simbol, lol

Biar ga mulai lagi kegalauan, ayo kita ngomongin kehidupan gue aja hehehe ((emang ada yang peduli gitu??))

Di UI, gue ngekost di kutek aka Kukusan Teknik. Kenapa namanya kukusan teknik? Karena letaknya yang deket banget sama teknik. Jadi, secara otomatis, tiap kali gue keluar atau mau berangkat atau mau balik gue selalu lewatin FT atau minimal ketemu anak FT. dan gak jarang gue ngeliat anak arsi baw-bawa tugas mereka. he he he. haduh.

Balik ke topik deh. Jadi, secara gue ngekost di kutek yang dari ujung ke ujung sama RIK, gue akhirnya bawa motor. YEY! kalau kalian ngikutin blog gue, dulu gue pernah cerita tentang gublunya gue yang masih ga berani bawa motor. Sekarang gue udah jago dong, meski ga begitu jago kalo bonceng orang. Dan gue masih suka kebut-kebutan, hahah. padahal.... GUE GA PUNYA SIM. ok bye.

Gue ceritain yang asik-asik dulu deh. Jadi tentunya, di sini gue ketemu banyak temen baru! Mulai dari temen satu focus group gue, temen home group, temen sekelas, temen kost, temen satu ukm fakultas, temen fangirling drama korea, temen makan, sampe temen kepanitiaan. Enaknya, pada gokil, seru, baik, dan enak diajak kerjasama. Pokoknya emang kuliah itu adalah saat dimana cari link sebanyak-banyaknya dan make friends sebanyak-banyaknya, hehe. Tadinya gue pengen ikut ukm univ, tapi ga keterima hiks. (sumpah gue sedih banget nyampe mau keluar) Terus pengen ikut banyak kepanitiaan lagi, tapi suka telat daftar dan sekarang malah gabisa ikut karena udah semester dua, iykwim hehe.

Tuesday, October 4, 2016

Berbakti Dalam Karya, Mahasiswa!

mimpi lo!

univeeeeeeeeeeeeeeeersitas indonesiaaaaaaa~

Guess what? gue diterima di UI tjoy. Anjay. Parah. Gila. Akhirnya gue punya jaket kuning gue sendiri! UI, target gue ketika kelas 2 SMA sampai pada akhirnya sebelum SBM! Parah. Mindset gue pada saat itu pun 'apapun lah yangpenting UI'. Gila ya, ga mikir banget. Dan karena gue selalu berpikir seperti itu, pada akhirnya gue malah nyantol..... di Ilmu Keperawatan UI.

What!? Jauh banGET! Lo tadinya pengen arsi, kan!?

Iya. Awalnya gue nyesel parah, pengen banget arsitektur. Nyesel karena gue milih ni FIK, akhirnya malah nyantol. Padahal kalo gak milih dan gak nyantol, mungkin gue bakal kuliah di manapun yang penting arsi. Mimpi-mimpi gue, cita-cita gue, semua ada di situ. Ya Tuhan. Gue nyesel banget. Andai gue bisa mengulang waktu. Itu gue kemaren.

Ditambah, lu liat kan post gue tentang UI-UGM sebelum ini. Nah, itu juga membuat gue nyesel. Setelah SBM, gue malah makin kepengen UGM. Lalu, gue jalan-jalan ke Jogja. Parah, I love Jogja. Banget. Pake banget. Taunya gue ga nyantol. Dan, gue ga ikut utul. Sedih banget, parah. Gue nyesel dan meratapi nasib gue tiap hari, sambil terus merhatiin topi KKN UGM milik kakak gue dan coretan bertuliskan Arsitektur UGM di depan binder gue, menunggu untuk jadi kenyataan. Itu gue kemaren.

Gue selalu bingung jika ada yang bertanya, "kenapa lo ambil?". Hehehe. Habis UI, sesimpel itu gue jawab. Kemudian setelah percakapan tanpa mikir itu, gue mulai berpikir. Ini tuh untuk masa depan gue. Masa cuma gara-gara kuning doang. Kocak lu. Ya sih, unggul, tapi kalo bukan passion emang bisa jadi bagus? Ditambah, melihat temen-temen gue yang kuliah dengan lelah tapi tetap mejalaninya dengan semangat karena passion (terutama Rati, temen sejak TK gue. fyi, doi diterima di Arsitektur UGM. Dalam diri gue ada rasa bangga, senang, turut bahagia, tapi rasa iri dan sakit hati entah kenapa tidak bisa gue bohongi, sekecil apapun itu ya tetep ada disitu). Itu gue kemaren.

Lantas, bagaimana gue sekarang?

Jadi isi posting kali ini bakal lebih ke curhat. Entah bagaimana, gue mulai menikmati hari-hari gue berkuliah disini, meski gue tidak bisa membohongi diri gue sendiri bahwa gue sama sekali nggak suka biologi. TBH, gue kira awalnya biologi dalam keperawatan akan dikit. Dan kemudian gue sadar, bahwa kerjaan gue nantinya adalah nyuntikin orang, merawat orang, dan segala hal itu perlu teknik, terutama teknik dalam bidang kesehatan. Yaitu biomedik. Sialan.

Tapi seenggaknya, gue sudah mulai menertawakan diri gue kemarin. Anjer, kasian banget sih gue dulu. Gue mulai mencoba untuk membuka mata, dan seenggaknya mencoba untuk mengikuti ini semua, meski sampai detik gue mengetik ini sebenarnya gue sama sekali tidak ada panggilan untuk menjadi seorang perawat, Tapi gue mensyukuri jaket kuning, keluarga, teman-teman, dosen-dosen, kakak tingkat, persekutuan, dan segala yang telah Tuhan berikan untuk gue dalam masa menjadi mahasiswa ini.

Stop mengeluh, itu yang kemudian muncul di benak gue. Ga guna sekarang ngeluh. Yang gue perlu lakukan adalah action. Dan hey, Tuhan menempatkan gue disini pasti dengan suatu rencana, kan? Jalani aja dulu, perbuat sesuai dengan kehendak-Nya, dan setiap orang punya rejekinya masing-masing. Biarpun kelihatannya gue salah ambil langkah, tapi apapun itu pasti ada baiknya. Lah gue malah menghibur diri.

Intinya, gue akhirnya gak se-menyedihkan kemarin.

Ini UI loh, coy! (bukan bermaksud menyombongkan diri tapi ini buat menghibur diri aja).

Oh iya.

Untuk kalian para camaba 2017, satu pesan dari gue: Jangan asal pilih jurusan hanya karena Universitasnya. Ntar nyesel. Kayak gue. Terus nangis ngeluh alay. Iwh.